Tugas Resume SIA Pertemuan 1
Riko Dwi Christian (10.39010.0050)
Sistem Informasi Akuntasi (SIA) adalah suatu komponen organisasi yang mengumpulkan, mengklasifikasikan, mengolah, menganalisa, dan mengkomunikasikan informasi financial dan pengambilan keputusan yang relevan bagi pihak luar perusahaan dan pihak ekstern.
Akuntansi
sendiri sebenarnya adalah sebuah System Informasi.
Karateristik SIA yang
membedakannya dengan Subsistem CBIS lainnya :
* SIA melaksanakan tugas yang diperlukan.
* Berpegang pada prosedur yang relative standar.
* Menangani data rinci.
* Berfokus historis.
* Menyediakan informasi pemecahan minimal.
* SIA melaksanakan tugas yang diperlukan.
* Berpegang pada prosedur yang relative standar.
* Menangani data rinci.
* Berfokus historis.
* Menyediakan informasi pemecahan minimal.
Karakteristik Sistem :
* Komponen-Komponen (Component).
* Batas Sistem (Boundary).
* Lingkungan Luar Sistem (Environtment).
* Penghubung (Interface).
* Masukan (Input).
* Keluaran (Output).
* Pengolah (Process).
* Sasaran (Objective) / Tujuan (Goal).
* Komponen-Komponen (Component).
* Batas Sistem (Boundary).
* Lingkungan Luar Sistem (Environtment).
* Penghubung (Interface).
* Masukan (Input).
* Keluaran (Output).
* Pengolah (Process).
* Sasaran (Objective) / Tujuan (Goal).
Sistem adalah suatu system yang mempunyai 2
komponen-komponen/lebih yang didalamnya terbagi menjadi beberapa subsistem yg
lebih besar sehingga dapat saling terhubung dan terkait dengan subsistem
lainnya dan memiliki sasaran hingga sampai tujuan membentuk suatu proses yang
akan dibuat melalui inputan dan outputan dari system.
Fungsi penting yang
dibentuk Sistem Informasi Akuntansi pada sebuah organisasi antara lain :
a. Mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktifitas dan transaksi.
b. Memproses data menjadi informasi yang dapat digunakan dalam proses
pengambilan keputusan.
c. Melakukan control secara tepat terhadap asset organisasi.
a. Mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktifitas dan transaksi.
b. Memproses data menjadi informasi yang dapat digunakan dalam proses
pengambilan keputusan.
c. Melakukan control secara tepat terhadap asset organisasi.
Komponen Sistem Informasi
Akuntansi antara lain :
a. Orang-Orang
b. Prosedur-Prosedur
c. Data
d. Software
e. Infrastruktur Teknologi Informasi
a. Orang-Orang
b. Prosedur-Prosedur
c. Data
d. Software
e. Infrastruktur Teknologi Informasi
Informasi Akuntansi yang
dihasilkan oleh Sistem Informasi Akuntansi dibedakan menjadi 2, yaitu :
1. Informasi Akuntansi Keuangan, berbentuk laporan keuangan yang ditujukan kepada pihak ekstern.
2. Informasi Akuntansi Manajemen, berguna bagi manajemen dalam pengambilan keputusan.
1. Informasi Akuntansi Keuangan, berbentuk laporan keuangan yang ditujukan kepada pihak ekstern.
2. Informasi Akuntansi Manajemen, berguna bagi manajemen dalam pengambilan keputusan.
Contoh Sistem Informasi
Akuntansi sebagai pusat informasi perusahaan :
* Bagian pemasaran mempertimbangkan untuk memperkenalkan jenis produk baru dalam jajaran produksi perusahaan, untuk itu bagian tersebut meminta laporan analisa perkiraan keuntungan yang dapat diperoleh dari usulan produk baru tersebut.
* Bagian SIA memproyeksikan perkiraan biaya dan perkiraan pendapatan yang berhubungan dengan produk tersebut, kemudian data yang diperoleh diproses oleh EDP. Setelah diproses hasilnya dikembalikan kebagian SIA untuk kemudian diberikan kebagian pemasaran.
* Bagian pemasaran mempertimbangkan untuk memperkenalkan jenis produk baru dalam jajaran produksi perusahaan, untuk itu bagian tersebut meminta laporan analisa perkiraan keuntungan yang dapat diperoleh dari usulan produk baru tersebut.
* Bagian SIA memproyeksikan perkiraan biaya dan perkiraan pendapatan yang berhubungan dengan produk tersebut, kemudian data yang diperoleh diproses oleh EDP. Setelah diproses hasilnya dikembalikan kebagian SIA untuk kemudian diberikan kebagian pemasaran.
Dari contoh diatas dapat
ditemuakn 2 aspek yang berhubungan dengan system bisnis modern yaitu :
* Pentingnya komunikasi antar departemen yang mengarah untuk tercapainya suatu keputusan.
*Peranan SIA dalam menghasilkan informasi yang dapat membantu departemen lainnya untuk mengambil keputusan.
* Pentingnya komunikasi antar departemen yang mengarah untuk tercapainya suatu keputusan.
*Peranan SIA dalam menghasilkan informasi yang dapat membantu departemen lainnya untuk mengambil keputusan.
Daftar Pustaka
*Sumber Internet Sistem Informasi Akuntansi.
*Sumber Catatan.
0 komentar:
Posting Komentar